W A T C H

RENDER FARM

Rabu, 01 Mei 2013

Pengertian Rendering:
merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Bertujuan untuk memberikan visualisasi pada user pada data 3D tersebut melalui monitor atau pencetak yang hanya menghasilkan 2D.

Pengertian Render Farm:
Render Farm merupakan sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersamaan untuk melakukan proses render. dibutuhkan suatu tools untuk melakukan proses parallel rendering. dibutuhkan performa yang tinggi pada sebuah komputer untuk melakukan proses ini.

proses ini berhubungan dengan merender suatu animasi. misalnya, dalam membuat sebuah film animasi Transformer, Avatar dan sebagainya diperlukan proses render dengan data yang sangat besar. apabila digunakan dengan satu komputer tidak akan cukup dan memang berat. jadi, diperlukanlah suatu proses render farm ini. jadi, untuk merendernya dibutuhkan lebih dari satu komputer, mungkin belasan atau puluhan komputer agar prosesnya jadi lebih cepat dan bisa dipecah-pecah, tidak terlalu memberatkan.

mungkin apabila dipaparkan, ketika pada saat merender, akan banyak komputer yang bekerja secara kesamaan, namun akan bekerja masing-masing dalam mengerjakan suatu proses render farm ini. 

                                         gambaran render farm

                                                   render farm

mengapa render farm ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau rumah produksi yang membuat sebuah game atau film animasi? karena apabila mereka tidak menggunakan render farm, maka akan sangat sulit. sedangkan kapasitas sebuah animasi untuk dapat dijalankan dan dapat bergerak akan menghabiskan kapasitas bergiga-giga. jadi, apabila hanya menggunakan sedikit server atau komputer akan sangat memberatkan. jadi sangat perlu proses render farm ini digunakan dalam proses merender sebuah animasi.

seperti yang sudah saya jelaskan tadi, film atau game yang menggunakan proses render farm ini contohnya:
1. Avatar
2. Transformer
3. Iron Man
dan sebagainya. jadi memang cukup memerlukan modal yang besar pula untuk menggunakan konsep render farm ini. namun render farm juga akan menghasilkan render yang cukup baik. jadi cukup seimbang dengan modal yang akan dikeluarkan untuk mengasilkan animasi yang baik.

gambaran hasil render farm:




lihatlah bagimana proses render farm bisa menghasilkan gambaran virtual sebaik ini. menakjubkan bukan? dunia animasi tidak akan pernah mati. jadi, render farm akan terus digunakan oleh berbagai macam pihak yang akan menggunkaan proses ini untuk membuat sebuah game atau film animasi yang berkaitan.

0 komentar: