W A T C H

DISSAPEAR, FROM THE BLOG WORLD

Senin, 25 Juli 2011

          Sempet vakum lama gak ngurusin blog. terakhir cuma sekedar posting tugas untuk dipost ke bagian mata kuliah soft skill yang emang udah wajib bagi mahasiswa di kampus gue. Minimal 8 postingan selama satu semester. postingannya juga sekedar gitu-gitu aja, seputar masalah dunia IT. contohnya kayak sepuluh langkah mengatasi komputer yang nge-hank, mengubah wabcam jadi video CCTV, 6 anti virus terbaru dan lain-lain. Bisa dibilang terlalu hambar, udah gak semenarik waktu jaman-jaman SMA yang kalo abis ngalamin kejadian TOLOL pasti langsung dipost di blog ini. ada semacem pergeseran postingan dari yang dulu dominan cerita banyolan SMA, sekarang lebih serius ke masalah postingan seputar materi perkuliahan. Jadi jangan heran kalo ada beberapa postingan sebelumnya yang seperti yang gue maksud tadi. Well, sekarang semua kegiatan udah terlalu padet kayak lepet, lebih padet dari isi gerbong kereta ekonomi tiap sore. Lebih asem dari ketek penumpang KRL Ekonomi setiap jam balik kerja. Kegiatan gue semenjak masuk kuliah monoton. Pacar menurut gue-satu-satunya-saat-ini ya cuma notebook bogel punya gue. Si Merah namanya. Kadang suka minder kalo bawa si Merah ke kampus. Bukan! Bukan karena dia notebook yang punya cacat fisik atau keterbelakangan mental. Emang niat awal gak pernah kepikiran buat masuk jurusan IT, jadi waktu pertama beli notebook ini ya asal aja beli. Naksir sama warnanya yang-udah-pasti-merah dan bentuknya yang gak terlalu babon kayak laptop. Jadi, gue mutusin buat meminang notebook ini dengan bismillah.
Sebulan dua bulan masih fine aja. Liat kanan kiri, temen-temen di kelas heboh, ngeluarin laptop masing-masing yang segede alaihim gambreng. Gue? iya gue nyantai aja ngetik laporan buat tugas lab-IT waktu itu. Ditemenin si Merah (panggilan kesayangan notebook gue). Sampe akhirnya gue dicengin sama temen satu kelompok gue, namanya Wahyu. orangnya gempal, rambutnya kayak wig gagal produksi. 

Wahyu : "Ngerjain apa lo Ndai?"
Gue     : "Laporan. kenape?"
Wahyu : *pasang muka sumpeh-lo nya dia*
Gue     : "Kenapa si?"
Wahyu : "Teknologi makin canggih. ALFALINK udah bisa buat ngetik tugas"

*hening*
*sumpah gue gak enak banget kalo si Merah denger ini semua*
^%^#^I*!@#@%*&(*(^(^$%$!*^&BTCH(*)(__(&%#$#@$%!&*!*(**^\

          Gue maklumin, si Merah emang terlalu kecil buat bersaing di dunia IT. bentuknya mini, kasarnya dia bentuk bogel dari sebuah laptop. Gue yakin kalo dia bisa ngomong dia bakalan berontak. Paling enggak dia bakalan lari macem difilm telenovela sambil ngusap air mata dengan pose *slowmotion* terus duduk dipojokan kamar.  Terus dia nangis sampe ingusnya keluar, beberapa kesempatan jilatin ingusnya itu sambil ngejulurin lidahnya kearah idung. Terus dia tersedu-sedu, masang muka ratapan anak tiri.

"dunia terlalu gak adil.. aku tau, aku bogel. Aku gak babon seperti laptop lainnya. Tapi tolong Tuhan. Aku.. aku bukan notebook haram. Aku halal dilahirkan. Aku pandai bergaul, dan mampu meringankan beban mas Yundai. aku.. aku.. ooh Tuhan, dunia tampak tidak adil hanya karena aku bogel."

Gue cuma bisa ngelus notebook gue itu dengan rasa miris. Mungkin dia harus sadar, sebagai laptop bogel dia harus mampu bangkit, dan harus mampu bersaing dengan laptop lainnya. Hidup itu keras. Enggak! Enggak sekeras waktu lo boker pas panas dalem. Gue akan terus memberikan dia motovasi selayaknya Mario Teguh. kalo dia down, siapa yang bantu gue ngerjain tugas-tugas gue? gue sendiri? temen-temen gue? nyokap gue? *ngomong gaya Cinta di AADC*. Si Merah harus sadar, ukurannya yang bogel bukan jadi alasan untuk dia berenti berproduksi. terus kalo dia mogok kerja, bakalan nyusahin gue jadinya. contohnya kayak gini?

Gue    : "Tolong bantu gue, sebagai notebook lo bantu gue  
               ngerjain tugas"
Merah : "Gak mau ah bang. Gue cuma laptop bogel yang ga 
               berdaya, apa  
               hebatnya gue?"

          Selebihnya dia ngulangin adegan lari-larian macem di telenovela tadi. Tapi itu semua hayalan gue tentang si Merah (notebook gue). Hayalan tentang bagaimana jika mereka bisa bicara selayaknya manusia. Memiliki perasaan, apa dia akan benar-benar sakit hati dengan sebuah hinaan? Sebuah perangkat, yang kita tau sebagai Elektronik. Kalo mereka manusia, mereka kayak orang yang kuat, kokoh seperti fisiknya. Mereka mampu membantu kita-sebagai-manusia untuk lebih mudah melakukan aktifitas yang produktifitasnya tinggi. Mereka mampu melakukan apa yang kita minta hanya dengan satu sentuhan. Sentuhan yang didalamnya sudah terprogram berbagai macam alasan, seperti jaringan-jaringan syaraf yang kemudian terhubung ke otak. Otak itu yang menggerakan mereka-benda-elektronik tersebut.
Terus, apa kita harus sekuat dan sehebat Elektronik?
hahahaha.. makin ngelantur ya. Padahal awal topik postingan ini, kenapa gue bisa vakum dari dunia blog. Ko malah ngelantur ke dramatisir kisah notebook kalo dia jadi manusia? *efek masih melek jam 2 pagi*
Intinya sih, sekarang gue mau coba buat fokus lagi ngurusin blog. Kemarin malem sampe begadang buat ngerombak tampilan blog ini. Dulu sempet yang terlalu rame buat diliat tampilannya. Sekarang coba dibuat simple, hitam putih, tapi isinya menarik. Mungkin kedepannya blog ini juga gak cuma berisi postingan cerita TOLOL yang gue alamin, tapi juga ada beberapa postingan tugas soft skill seputar dunia IT. Mudah-mudahan juga bisa ngebantu temen-temen yang kebetulan iseng buat buka dan baca blog ini. Ya semoga aja berguna.
Ada satu hal lagi yang buat gue tergerak buat ngurusin blog ini lagi. Belom lama ini, gue iseng buka account twitter beberapa penulis buku. Mereka cukup punya banyak followers, gue enggak. Bukan maksud gue mau banyakin followers, enggak. Cuma gue tergugah ngeliat perjuangan mereka dari nol. Awal gimana mereka suka nulis, sampe akhirnya tulisan mereka yang sekedar hobi itu mampu diterbitin sama penerbit. Meskipun beberapa diantara mereka ada yang harus kecewa nerima royalti 2,5 juta aja buat seorang penulis karena bukunya gak laku. Ada juga yang harus ngirim ke penerbit berkali-kali sampe harus dikacangin berbulan-bulan. Tapi sekarang? buku mereka laku, laris. Nama mereka juga dikenal. Gue bukan gila untuk dikenal. Tapi bagaimana karya gue bisa dinikmatin sama banyak orang. Dimana mereka bisa merasakan sesuatu yang gue tulis, dan mereka bisa mengaplikasikan itu semua kedalam hidup mereka. Gak mungkin lah sebuah buku gak ada pesan moralnya. Dan gak mungkin juga sebuah buku gak tertanam hal-hal positif dari beratus-ratus lembar yang ada didalamnya. Paling nggak, terselip beberapa kalimat motivasi didalamnya. Jadi, karena itu gue tergugah buat ngelanjutin ngurusin blog ini. Siapa yang tau, dan kita juga gak pernah tau gimana kedepannya. Mungkin aja nanti dari temen-temen yang lain, pas mereka buka blog ini dan suka sama beberapa postingan, nyuruh gue buat di print out terus dikirim ke penerbit. Terus diterima, terus gue punya title "penulis" terus dapet royalti terus punya penghasilan sendiri terus... *JLEB*
          Jadi gak ada salahnya semua hal dari mulai sekarang ini, yang mungkin buat diri kita termotovasi, kenapa enggak mulai diterapkan dari sekarang? Siapa tau juga mulai dari blog ini, dan tulisan-tulisan yang ada di dalamnya nanti mengubah semua yang ada sekarang, jadi lebih baik lagi. Walaupun gak tau seperti apa dan kapan, bagaimana nantinya cara itu akan muncul. Vakum dan berhenti ngurusin blog ini, ternyata ngebuat gue kembali ngurusin blog ini karena dorongan motivasi. Semoga mulai saat ini, mulai malam ini, pagi ini. Atas semua postingan yang mungkin akan diciptakan nantinya, bisa disukai dan diliat sama temen-temen semua. Bukan karena gue pengen dikenal, tapi gue pengen karya gue dikengan dan diliat. Gak cuma dari ceritanya yang pahit sampe yang serius. Tapi juga unsur komedi didalamnya bisa membuat semua orang yang baca blog ini jadi lebih ringan dalam menjalani masalah yang mereka sedang hadapi. Semoga dengan vakumnya gue kemarin juga, bisa mengumpulkan beberapa ide fresh untuk membuat blog ini kembali hidup dan memiliki nyawa baru bagi pembacanya. Mulai melakukan sesuatu yang lebih baik, dimulai dari setiap kata-kata yang ada, hingga kalimat demi kalimat yang terselip pada setiap bagian cerita yang akan tercipta.
Dan mungkin, blog ini akan terus hidup. Melahirkan cerita-cerita baru, yang belum semesta berikan dikedepannya nanti. Hingga blog ini bisa dikenang, dan diliat sebagai inspirasi & mampu meringankan beban mereka pada saat mereka sedang membaca halaman demi halaman dalam blog ini.

Karena, ketika semua hal itu tertidur dan mati.. kita perlu bangun dan bangkit kembali untuk mengejar semua hal yang ada di dunia nyata.

2 komentar:

Intan Purnama Iswari mengatakan...

ngakaaaak bang !!!!

YUNDAI BUKAN MOBIL mengatakan...

Terimakasih de! Hehe. Keep rock yeaaaah!!!