W A T C H

SEBERAPA PENTING BATTERY?

Kamis, 13 Januari 2011

sebagai mahasiswa IT, laptop udah jadi bagian penting dari hidup. ibaratnya, laptop sebagai selingkuhan dari pada handphone kita sendiri.
bayangin gimana rasanya, setiap malem harus berduaan sama laptop atau notebook kesayangan untuk ngerampungin tugas yang dosen kasih demi nyempurnain nilai dimata kuliah itu sendiri. belom lagi saya harus buat program dengan kodingan banyak tentunya, yang notabene harus gunain laptop dan mau gak mau harus rela tidur pagi buat ngejar deadline. sampe pada akhirnya saya berfikir, seberapa penting batre laptop kita? yang mau gak mau hampir setiap hari rela beroperasi buat memenuhi kebutuhan saya, yang mungkin aja harus nyalain laptop 24 jam tanpa istirahatin? get well son lah kalo batre laptop ini sampe rusak. damn its true
ada banyak pertanyaan tentang batre laptop. contohnya:
  1. banyak yang bilang, kalo nyalain laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere. Jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power.
  2. Ada juga yang bilang, nyalain laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen-komponen elektronik laptop,  lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power.
mungkin kita sebagai anak gaul akan sangat galau menghadapi masalah ini (twitter: mode on).
well kita gak tau sebenernya mana yang benar dan salah. yang benar adalah kita harus mengorbankan salah satunya. lebih milih batre rusak, atau motherboadnya yang rusak *jegeeer
contoh kasus kita langsung ke TKP
 
salah satu temen abis kena musibah ini. dengan logikanya dia bilang "batre ane copot kalo lagi main game atau bikin program java. biar laptop sama batre awet" mulai sekarang kita garis bawahi pernyataan itu karena belum lama ini dosen saya bilang: 
 
kalo nyalain laptop dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere. 
 
gak lama dia lanjut ngomong lagi, 
Batere laptop fungsinya sebagai stabilisator, karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.

Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.

Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
terakhir dia ngasih saran,  
"Kalo pake make AC power mendingan baterenya tetep dipasang. Mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan..."
*suasana hening\\
*krik krik

0 komentar: