W A T C H

Selasa, 18 Oktober 2011

setiap satu pejaman mata, puluhan kejadian yang udah dilaluin terputar. hidup kita penuh sama kejadian, kenangan, semua hal yang udah pernah dilaluin bahkan satu menit sebelumnya. semua bisa terekam penuh sama otak. kaya malem ini, gue kebangun. cuma blog yang langsung kebayang. aktifitas gue di semester tiga ini gila-gilaan. lebih dari jadwal orang kerja. kalo orang kerja enak, digaji. gue sama temen-temen cukup dapet ilmu, buat modal nanti setelah lulus jadi sarjana dimana kita bisa siap untuk bertarung di dunia kerja yang sesungguhnya. kaya hal ini misalnya, semua masih jadi ketidak pastian. seperti apa kejadian empat tahun kedepan, seberapa seru kejadian & kenangan yang bakalan dilaluin gue sama temen-temen satu angkatan lainnya di kampus, seperti apa IT yang sesungguhnya di dunia pekerjaan. semuanya masih klise. malem ini ga kaya malem biasanya. gue lebih banyak merenung, mikirin prospek ke depan. kepala gue sempet migran, sempet tidur sebentar buat ngilangin migran. kebangun, yang ada cuma bayangan prospek ke depan. harus apa dan gimana gue nantinya ngelaluin ini semua. dan gue yakin, semuanya itu ga akan lancar-lancar aja. bakal lebih banyak cobaan, masalah, hambatan yang gue hadepin nantinya. hidup ga mudah gitu aja. dan gue yakin, pasti ada rencana besar yang Tuhan kasih dari setiap cobaan yang diberikan. hampir satu tahun ini gue udah ngelajanin semua hal sebagai mahasiswa. gue udah bener-bener ngerti, lebih peka sama semua hal, keadaan sekitar, pertemanan, masalah, perkuliahan, dosen, mata kuliah. semua kerasa lebih dari apa yang gue bayangin sebelumnya. semua harus lebih peka, mata yang lebih dua kali digunain buat melihat, telinga yang dua kali lebih peka buat mendengar, dan hati yang dua kali lebih peka buat merasakan. ditambah pemikiran yang lebih matang buat ngelajanin ini semua. untuk apa kita dateng ke kampus, buka binder, denger dosen, ngerjain tugas, berkomunikasi sama temen, dan semua hal yang terkait sama dunia kampus. semua bener-bener beda waktu jaman Sma. gue ngerasa sekarang gue lebih peka sama segala hal. sempet inget beberapa bulan yang lalu, gue sempet ngebahas masalah dinamika pertemanan. belum satu bulan pasca masuk diperkuliahan baru. dinamika pertemanan mau ga mau emang pasti terjadi. semuanya lebih kearah seperlunya. ga ada tawa yang selepas dulu. semuanya kepecah, ga fokus. semuanya masih ngejaga komunikasi, ngejaga silaturahmi. cuma sekarang lebih seperlunya. perjalanan masih panjang. kalo gue gambarin perjalanan ini kaya perjalanan backpacker yang ga tau harus pergi kemana dan berenti kapan, gue memutuskan untuk membuat semua tujuan itu jadi lebih pasti. kemana gue harus pergi dan kapan gue harus berenti. kuliah gue harus bener, siapa lagi yang bisa banggain bokap sama nyokap. cuma gue, anak tunggalnya mereka. belom lagi suatu saat nanti, beberapa tahun lagi gue bakalan jadi kepala keluarga. jadi imam buat istri dan anak-anak gue nanti. gue harus berhasil, sukses, lancar sama kuliah yang sekarang lagi gue jalanin di semester tiga. pertemanan baru di kelas yang baru. tiga tahun ke depan gue sama mereka, sahabat-sahabat baru di 2IA12 bakalan terus berjalan. gue berharap mereka bisa jadi rekan team yang hebat, yang bisa saling ngebantu sama lain dikedepannya. sampe akhirnya kita bisa saling ngeliat dengan bangga, foto bareng di aula yang besar dengan toga dikepala masing-masing. perjuangan gue sama mereka masih panjang. semua butuh proses. apapun proses yang terjadi nanti, pengalaman itu yang jadi guru terbaik dalam hidup. proses buat jadi "menakjubkan". proses buat jadi "sukses". proses buat jadi "lebih baik" dikedepannya. dan waktu yang udah dilaluin, semuanya ga sia-sia. ga ada kata penyesalan, tapi perjuangan. hasil dari perjuangan yang udah dilaluin bersama. bareng mereka, bareng sahabat serimpi, bareng rekan ex 1IAO3 2010 yang lain. perjalanan masih panjang. masih banyak kertas kosong yang perlu diisi sama kenangan masa pekuliahan kita tiga tahun kedepan nanti.

0 komentar: